Cara Membuat Company Profile Yang Baik (Dengan Contoh)

cara membuat company profile

Cara Membuat Company Profile Yang Baik (Dengan Contoh)

Company profile, tidak hanya menjelaskan tentang perusahaan Anda, tujuan dibuatnya sendiri yaitu untuk membantu promosi pada target perusahaan. Tentu sudah ada tata cara membuat company profile sendiri, dari segi penyajian, terdiri dari profil perusahaan, portofolio, client, partner, dan lain-lain.

Penggunaan company profile juga memiliki tujuan untuk pembaca lebih tertarik dan yakin menggunakan jasa perusahaan tersebut.

Dengan begitu, company profile yang dibuat, memang benar-benar harus dibuat semaksimal mungkin, dari segi penulisan maupun secara visual.

Baca Juga : Marketing Tools Untuk kamu Yang Punya Bisnis

Table of Contents

Pentingnya membuat Company Profile

Berikut adalah manfaat membuat company profile yang Anda dapatkan, yaitu:

  • Komunikasi Nilai dan Budaya Perusahaan: Menulis profil perusahaan yang menekankan budaya perusahaan yang positif dan nilai-nilai yang kuat dapat membantu perusahaan menarik karyawan dan investor.
  • Meningkatkan Citra Publik Perusahaan: Profil perusahaan yang kuat dapat memberikan image atau citra perusahaan yang positif di kalangan komunitasnya.
  • Pertumbuhan: Profil perusahaan dapat bertindak sebagai rencana untuk mengembangkan operasi bisnis dan pendapatan.

Cara Membuat Company Profile

Penulisan ini membahas mengenai proses pemikiran untuk membuat company profile yang baik dan benar, berikut adalah langkah-langkah cara membuat company profile

Tentukan Tujuan Perusahaan

Hal pertama yang perlu dibuat adalah baagimana Anda mengidentifikasi tujuan perusahaan. Profil perusahaan dapat mencakup elemen yang berbeda tergantung pada audiens target dan tujuan akhir mereka.

Dari sinilah mulai tergambar apa visi, misi, dan nilai yang diterapkan dari perusahaan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mencantumkan beberapa hal penting pada Company Profile, diantaranya :

  • Nilai Perusahaan , baik Anda membuat compro untuk merekrut investor atau melibatkan pelanggan, Anda dapat menyertakan bahasa yang menggambarkan nilai-nilai perusahaan.
  • Nilai produk, disini Anda bisa menggambarkan produk atau service Anda, bagaimana target pasarnya, dan kesempatan produk Anda diantaranya.
  • Kinerja, hal ini didorong menjadi lebih mencolok ketika perusahaan memiliki gambaran kinerja yang baik dengan cashflow yang aman, bahkan meningkat.

Tuliskan Gambaran Perusahaan

Maksudnya adalah poin penggambaran perusahaan (seperti About-Us) juga cukup penting untuk dimasukkan. Anda bisa menjelaskan dengan bahasa yang sesuai dengan nilai perusahaan.

Tambahkan gambar atau iconography untuk setiap service atau produk yang digarap perusahaan sehingga secara visual, company profile pun lebih menarik

Tentukan Format & Layout Untuk Structure Company Profile

Mau dibuat sendiri atau menggunakan template, dengan format & layout yang konsisten dan cantik, company profile sendiri pun menjadi lebih menarik dan mudah untuk dibaca.

Salah satu pilihan populer untuk pemformatan profil perusahaan adalah menggunakan serangkaian subjudul untuk mengatur informasi.

Banyak juga pilihan template company profile yang bisa Anda unduh untuk langsung di edit, namun perlu diperhatikan juga ya sesuai dengan nilai perusahaan Anda.

Anda juga bisa menggunakan Canva untuk membuat company profile

Masukkan Hasil dari Visi & Misi Perusahaan

Membuat company profile tidak cukup hanya memasukkan visi misi perusahaan, tetapi apa aplikasi dari kedua hal tersebut. 

Contohnya kita memasukan penjelasan produk dan service sebagai aksinya. Jelaskan bagaimana hal tersebut dapat menjadi bagian dari misi perusahaan dengan penyelesaian apa untuk target pasar.

Jelaskan juga target pasarnya, demografi, psikografi, dan kebutuhan yang dipenuhi perusahaan.

Anda juga boleh menambahkan hal yang membuat jasa dan produk Anda unik, berbeda dengan kompetitor Anda, nilai apa yang bisa dibanggakan ketimbang kompetitor.

Masukkan Keunggulan Perusahaan

Jelaskan mengapa perusahaan Anda memiliki kelebihan dibandingkan dengan kompetitor Anda dari segala aspek yang cocok.

Dengan hal tersebut, pembaca pun akan semakin paham dengan hal-hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan Anda.

Masukkan Penghargaan atau Partner Besar Perusahaan Anda

Segala pencapaian perusahaan pun dapat dimasukkan disini, tidak hanya level orang, perusahaan pun dapat memamerkannya juga.

Penghargaan perusahaan sendiri pun dapat ditonjolkan jika memang memiliki dampak yang berarti. Maksudnya adalah penghargaan yang dapat meningkatkan impresi perusahaan Anda.

Anda juga dapat memasukkan partner-partner perusahaan Anda, mulai dari perusahaan besar hingga perusahaan kecil.

Banyak juga yang memasukkan logo-logo sehingga tampil cantik dan mengesankan secara visual. Simpel, tapi cukup bermakna.

Demografi Perusahaan

Hal ini cukup penting jika Anda memiliki perusahaan besar. Hal yang dicantumkan dapat berupa berapa banyak jumlah pegawai perusahaan Anda, kemudian klasifikasikan ke beberapa hal secara statistik seperti gender, usia, dan lainnya.

Testimoni

Nah, terakhir adalah testimoni. Belum lengkap rasanya kalau belum ada komentar dari yang pernah menggunakan jasa atau produk Anda sebelumnya.

Testimoni dapat dimasukkan oleh Anda. apalagi dari kalangan orang yang memiliki jabatan tinggi di perusahaan.

Masukkan nama, jabatan, serta foto untuk dapat lebih meyakinkan pembaca dari testimoni yang diberikan.

Sisipkan Call To Action

Hal ini merupakan hal yang cukup penting, bagaimana Anda memasarkan sesuatu tanpa ada pengukuran keberhasilannya.

Dengan Call to Action seperti kata-kata pengantar untuk mengkontak nomor Anda, akan lebih memudahkan pembaca untuk tahu kontak ke mana jika dia membutuhkan.

Itulah cara membuat company profile, contoh dari kami sendiri bisa dengan mengontak whatsapp kami, terima kasih.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *